Interactive Voice Response
(IVR) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai respon suara interaktif,
adalah teknologi yang memungkinkan komputer berinteraksi dengan manusia melalui
penggunaan suara yang telah direkam sebelumnya dan ditransmisikan melalui
program yang bernama Automatic Call Distrributor (ACD) yang diinstal melalui
program yang bernama Application Service Provider (ASP) yang dipasang di data
server tempat kita menggunakan IVR.
IVR kini lazin digunakan
dibeberapa tempat seperti telepon, bank, rumah sakit, tempat parkir, bahkan di
supermarket tempat anda belanja. Berikut list apa saja yang dapat dilakukan
oleh IVR ditempat-tempat yang telah disebutkan diatas:
TELEPON
IVR sistem dalam sebuah sistem telepon,
biasanya dipergunakan pada perusahaan yang memiliki volume telepon tinggi
setiap harinya, dan ingin menekan overhead perusahaan dengan mengurangi jasa
operator menjawab telepon. Sistem IVR biasanya mengarahkan kepada ada jasa
operator penjawab telepon apabila penelpon tidak menemukan informasi yang
diinginkan.
Call center merupakan sistem IVR untuk
mengidentifikasi dan mengarahkan penelpon. Penelepon dapat diberi pilihan untuk
menunggu di line antrian telepon, memilih jawaban layanan otomatis melalui
" dial number" yang disediakan atau meminta penelpon menelpon kembali
setelah beberapa saat.
BANK
Institusi bank sangat bergantung pada sistem
IVR dikarenakan beroperasi si 24/7. Biasanya sistem IVR pada bank dipergunakan
untuk merespon kebutuhan pelanggan untuk melakukan pengecekan saldo, dan
mengetahui sejarah transaksi yang dilakukan oleh pelanggan.
Selain menggunakan sistem IVR pada telepon,
bank juga menggunakan sistem IVR untuk ruang tunggu customer. Biasanya customer
akan mengambil nomor antrian untuk menuju customer service, dan nomor antrian
tersebut akan dipanggil dengan sistem IVR yang telah dipasangkan pada pengeras
suara yang terintegrasi di ruang tunggu customer.
RUMAH SAKIT
Hampir sama dengan institusi bank, rumah
sakit juga akan sangat bergantung pada sistem IVR. Rumah Sakit bekerja selama
24/7 dan harus sedia setiap saat untuk membantu pasien-pasien yang membutuhkan
pelayanan. Hal yang biasa dilakukan pada IVR telepon rumah sakit biasanya
adalah pasien memesan antrian untuk bertemu dengan dokter, dan bertanya
mengenai informasi ketersediaan dokter yang ada di rumah sakit tersebut.
Selain menggunakan sistem IVR pada telepon,
rumah sakit juga menggunakan sistem IVR untuk ruang tunggu dokter dan ruang
tunggu apotek, dan nomor antrian tersebut akan dipanggil dengan sistem IVR yang
telah dipasangkan pada pengeras suara yang terintegrasi di ruang tunggu pasien
dan apotek.
PARKIR
IVR pada sistem parkir biasanya dipergunakan
untuk menyapa orang yang sedang mengambil tiket parkir. Sistem IVR pada parkir
biasanya terintegrasi dengan sensor gerakan mobil atau motor, sehingga ketika
ada mobil atau motor yang bergerak menuju sensor tersebut, mesin tiket parkir
secara otomatis akan mengeluarkan suara yang sesuai dengan file yang diinput
pada mesin tersebut.
SUPERMARKET
Sistem IVR di supermarket memiliki instalasi
yang sama dengan sistem IVR yang terinstal pada parkir. Perbedaannya ada pada
sistem output suara IVR yang dikeluarkan melalui speaker yang terintegrasi di
ruangan supermarket. Biasanya IVR di supermarket dipergunakan untuk menyapa
konsumen yang datang di supermarket tersebut.
Comments
Post a Comment