Masih ingat dengan sebuah petuah yang berbunyi
“Masih ada 1000 jalan menuju Roma”. Begitu pula dengan pemasaran langsung yang
dapat dilakukan dengan berbagai cara pintar, antara lain:
a.
Pemasaran Melalui
Personal Selling
Personal
Selling
adalah penyajian lisan oleh perusahaan kepada satu atau beberapa calon
pelanggan dengan tujuan agar produk barang atau jasa yang ditawarkan dapat
terjual. Jadi dalam personal selling terdapat kontak pribadi secara langsung
antara penjual, dan calon pelanggan sehingga dapat menciptakan komunikasi dua
arah di antara mereka. Disamping itu, penjual dapat memberitahukan serta
membujuk seorang calon pelanggan untuk langsung membeli.
b.
Pemasaran
Melalui Pengiriman Surat
Pemasaran
surat langsung adalah pengiriman penawaran, pemberitahuan, alat pengingat atau
sesuatu yang lain kepada seseorang. Dengan menggunakan daftar alamat surat yang
sangat selektif, pemasar langsung
mengirimkan sejumlah paket pos, surat, selembaran, brosur, dan beberapa media
promosi lainnya. Surat langsung merupakan media yang populer karena
memungkinkan selektivitas pasar sasaran, dikemas secara personal, lebih mudah
dipantau. Meskipun dinilai lebih mahal, namun lebih efektif daripada melalui
media masa.
c.
Pemasaran
Melalui Katalog
Dalam pemasaran melalui katalog, perusahaan
mengirimkan katalog dalam bentuk cetakan dan secara online. Ada beberapa
keuntungan menggunakan katalog secara online/berbasis situs web, yakni: (1) biaya lebih murah, (2) menampilkan berbagai produk dengan jumlah
yang tak terbatas , (3) memiliki
sistem perdagangan cepat, (4) menawarkan
penampilan yang interaktif. Namun, menggunakan katalog berbasis web juga
tak luput dari tantangan yaitu sulit
menjaring pelanggan baru. Keberhasilan menggunakan katalog bergantung pada
kemampuan perusahaan menawarkan produk yang berkualitas, dan citra perusahaan
yang dapat dipercaya.
d.
Pemasaran
Melalui Telepon
Pemasaran
melalui telepon atau lazim disebut dengan telemarketing
adalah menggunakan telepon, dan pusat layanan telepon untuk menarik calon
pelanggan, menjual produk langsung kepada pelanggan sudah ada, dan menyediakan
layanan dengan menerima pesanan, dan menjawab pertanyaan pelanggan.
e.
Pemasaran
Melalui Iklan Respons Langsung
Pemasaran melalui
iklan respons langsung (televisi) adalah metode periklanan produk selama 60 –
120 detik. Pelanggan diberikan dua pilihan yakni menghubungi nomor bebas pulsa
yang muncul di layar atau menghubungi situs web terkait. Metode ini memerlukan
biaya lebih rendah daripada bentuk promosi lain, dan lebih mudah memantau hasil
akhirnya.
f.
Pemasaran
Melalui Penempatan Kios-kios
Kios adalah
sebuah display semipermanen yang
digunakan untuk memajang produk dagangan. Kios
merupakan cara untuk bertatap muka dengan calon pelanggan secara langsung agar
lebih menghargai mereka, dan juga untuk menunjukkan keberadaan perwakilan
perusahaan.
g.
Pemasaran
Melalui Perangkat Digital
Pemasaran
melalui perangkat digital dapat dilakukan seperti berikut:
- Pemasaran melalui perangkat telepon seluler, meliputi: membagi nada dering gratis, sisipan iklan dalam konten seluler, lomba dan undian berhadiah.
- Pemasaran melalui siaran radio/podcast (radio internet), dan vodcast (tayangan video) adalah file audio dan video yang diunduh dari internet yang kemudian dipindahkan ke handset seperti PDA atau iPOD agar dapat dinikmati kapan saja dan dimana saja.
- Pemasaran melalui perangkat televisi interaktif memanjakan para penggunanya untuk berinteraksi dengan program-program televisi beserta iklan yang disisipkan hanya dengan menyentuh beberapa tombol melalui genggaman remote kontrol di tangan mereka. Beginilah cara perusahaan berburu pelanggan.
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete