PENGGUNAAN INTERACTIVE VOICE RESPONSE (IVR) DI BERBAGAI TEMPAT



Interactive Voice Response (IVR) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai respon suara interaktif, adalah teknologi yang memungkinkan komputer berinteraksi dengan manusia melalui penggunaan suara yang telah direkam sebelumnya dan ditransmisikan melalui program yang bernama Automatic Call Distrributor (ACD) yang diinstal melalui program yang bernama Application Service Provider (ASP) yang dipasang di data server tempat kita menggunakan IVR.

IVR kini lazin digunakan dibeberapa tempat seperti telepon, bank, rumah sakit, tempat parkir, bahkan di supermarket tempat anda belanja. Berikut list apa saja yang dapat dilakukan oleh IVR ditempat-tempat yang telah disebutkan diatas:

TELEPON

IVR sistem dalam sebuah sistem telepon, biasanya dipergunakan pada perusahaan yang memiliki volume telepon tinggi setiap harinya, dan ingin menekan overhead perusahaan dengan mengurangi jasa operator menjawab telepon. Sistem IVR biasanya mengarahkan kepada ada jasa operator penjawab telepon apabila penelpon tidak menemukan informasi yang diinginkan.

Call center merupakan sistem IVR untuk mengidentifikasi dan mengarahkan penelpon. Penelepon dapat diberi pilihan untuk menunggu di line antrian telepon, memilih jawaban layanan otomatis melalui " dial number" yang disediakan atau meminta penelpon menelpon kembali setelah beberapa saat.

BANK

Institusi bank sangat bergantung pada sistem IVR dikarenakan beroperasi si 24/7. Biasanya sistem IVR pada bank dipergunakan untuk merespon kebutuhan pelanggan untuk melakukan pengecekan saldo, dan mengetahui sejarah transaksi yang dilakukan oleh pelanggan.

Selain menggunakan sistem IVR pada telepon, bank juga menggunakan sistem IVR untuk ruang tunggu customer. Biasanya customer akan mengambil nomor antrian untuk menuju customer service, dan nomor antrian tersebut akan dipanggil dengan sistem IVR yang telah dipasangkan pada pengeras suara yang terintegrasi di ruang tunggu customer.

RUMAH SAKIT

Hampir sama dengan institusi bank, rumah sakit juga akan sangat bergantung pada sistem IVR. Rumah Sakit bekerja selama 24/7 dan harus sedia setiap saat untuk membantu pasien-pasien yang membutuhkan pelayanan. Hal yang biasa dilakukan pada IVR telepon rumah sakit biasanya adalah pasien memesan antrian untuk bertemu dengan dokter, dan bertanya mengenai informasi ketersediaan dokter yang ada di rumah sakit tersebut.

Selain menggunakan sistem IVR pada telepon, rumah sakit juga menggunakan sistem IVR untuk ruang tunggu dokter dan ruang tunggu apotek, dan nomor antrian tersebut akan dipanggil dengan sistem IVR yang telah dipasangkan pada pengeras suara yang terintegrasi di ruang tunggu pasien dan apotek.

PARKIR

IVR pada sistem parkir biasanya dipergunakan untuk menyapa orang yang sedang mengambil tiket parkir. Sistem IVR pada parkir biasanya terintegrasi dengan sensor gerakan mobil atau motor, sehingga ketika ada mobil atau motor yang bergerak menuju sensor tersebut, mesin tiket parkir secara otomatis akan mengeluarkan suara yang sesuai dengan file yang diinput pada mesin tersebut.

SUPERMARKET

Sistem IVR di supermarket memiliki instalasi yang sama dengan sistem IVR yang terinstal pada parkir. Perbedaannya ada pada sistem output suara IVR yang dikeluarkan melalui speaker yang terintegrasi di ruangan supermarket. Biasanya IVR di supermarket dipergunakan untuk menyapa konsumen yang datang di supermarket tersebut.


Comments