Mengkaji Biosfer


Hingga saat ini, Bumi merupakan satu-satunya tempat yang mendukung kehidupan. Bagian bumi yang mendukung kehidupan disebut biosfer.

Terkait dengan kehidupan di Bumi, konsep yang berlaku dalam Geografi adalah prinsip persebaran dan prinsip ekologi. 
Prinsip persebaran dalam Geografi menjelaskan bahwa fenomena di muka bumi tersebar tidak merata. Prinsip ini berangkat dari kenyataan, setiap ruang memiliki karakteristik wilayah khas. Kenyataan ini terlihat dari mahluk hidup yang menghuni setiap ruang. Oleh karena inilah, Geografi menkaji sebaran mahluk hidup di muka Bumi. Untuk kepentingan ini, Geografi memerlukan ilmu penunjang yaitu Biogeografi.

Biogeografi adalah ilmu yang mempelajari sebaran mahluk hidup secara spasial, baik pada masa kini maupun masa lalu. Dalam hal ini, mahluk hidup yang dimaksud meliputi hewan dan tumbuhan. Oleh karena itulah, Biogeografi dibagi atas Fitogeografi (Geografi Tumbuhan) dan Zoogeografi (Geografi Hewan).

Pakar Biogeografi meyakini bahwa untuk berpindah dari suatu wilayah lain, mahluk hidup harus melintasi berbagai hambatan geografis seperi lautan, pegunungan tinggi, dan gurun. Hambatan-hambatan tersebut sekaligus berfungsi sebagai pengendali persebaran mahluk hidup. Mahluk hidup yang berhasil melintasi hambatan akan dapat ditemukan di banyak tempat di muka Bumi, misalnya pohon kelapa dan lalat yang dpat ditemukan di semua benua. Sebaliknya, mahluk hidup yang tidak dapat melintasi hambatan hanya dapat ditemukan di suatu wilayah, misalnya beruang kutub yang hanya ada di Kutub Utara dan bunga tulip di Eropa.

Selain hambatan geografis, iklim menjadi hambatan bagi persebaran mahluk hidup. Tumbuhan tertentu hanya dapat tumbuh dengan baik di wilayah dengan iklim tertentu. Sebagai contoh sequoia. Pohon raksasa ini hanya dapat tumbuh dengan baik di daerah subtropis seperti Amerika Utara.

Faktor makanan juga berpengaruh terhadap persebaran fauna. Beberapa hewan hanya ada di wilayah tertentu karena di wilayah tersebut makanannya tersedia. Salah satu contoh fauna yang hanya ada di wilayah tertentu adalah koala. Fauna ini sangat tergantung terhadap eukaliptus sebagai makanannya. Pohon ini hanya terdapat di wilayah Australia sehingga fauna ini hanya ditemui di Australia.

Comments