Apa itu Cloud Computing


Cloud computing mengacu pada pengaturan sumber daya komputer via jaringan komputer. Layanan cloud computing ini bisa diibaratkan dengan layanan listrik, gas, atau telepon. Di mana user tinggal menikmati saja tanpa harus mengerti proses rumit yang ada di belakangnya.
View yang disederhanakan inilah yang disebut abstraksi. Dengan cara yang sama, cloud computing menawarkan layanan yang mudah dan disederhanakan kepada pengembang aplikasi. Karena pengembang aplikasi tidak perlu menyeting platform secara manual, mereka hanya perlu layanan yang disebut the cloud.
Ketika user mengakses cloud untuk website populer, maka browser akan menghubungi berbagai cluster Web server. Web server kemudian menjalankan software yang menyediakan antarmuka untuk mengumpulkan perintah dari user atau instruksi dari user, seperti pengetikan, klik dan sebagainya.
Perintah-perintah dari user ini kemudian diinterpretasikan oleh webserver atau diproses oleh server aplikasi. Informasi ini kemudian disimpan atau diambil dari server database, dan ditampilkan kembali ke dalam sebuah halaman di user.
Data di berbagai server ini akan disinkronisasi untuk akses yang lebih cepat secara global, dan untuk menurunkan kemungkinan hilangnya data.


Komputasi cloud ini terdiri atas proses komputasi, software, akses data dan layanan penyimpanan data/storage, di mana user tidak perlu tahu lokasi fisik dan pengetahuan teknis lainnya untuk mendeliver layanan.
Konsep yang mirip dengan cloud computing ini adalah konsep kelistrikan, di mana pengguna rumahan mengkonsumsi listrik dengan mudah tanpa harus peduli bagaimana listrik disalurkan dari pembangkit sampai ke rumah-rumah.
Komputasi cloud memungkinkan penyajian layanan IT dengan lebih mudah, karena sumber daya tempat penyajian layanan IT di cloud ini sangat skalabel dan kadang melibatkan virtualisasi. Ini merupakan produk sampingan dari internet dan perkembangan dunia web yang memungkinkan teknologi untuk pengaksesan remote scripting seperti Ajax dan turunannya (JQuery) hingga bahasa pemrograman PHP yang membuat pembuatan dokumen IT sangat cepat.
Jadi dengan cloud computing, user akan mengakses software di internet, seolah-olah program tersebut diinstal secara lokal di komputer mereka sendiri.
Berikut ini definisi dari National Institute of Standard and Technology (NIST) tentang cloud computing.
Cloud computing adalah model untuk memungkinkan akses jaringan yang nyaman, on-demand, dan mudah diakses. Sumber daya yang dimaksud adalah akses jaringan, server, storage, aplikasi dan layanan lainnya. Cloud computing ini bertujuan agar Anda bisa melakukan manajemen sumber daya dengan mudah.
Software cloud computing standar biasanya menyediakan layanan bisnis Online, yang bisa diakses dari layanan Web service lain atau browser. Sementara datanya disimpan di server.
Beberapa layanan cloud computing terdiri atas service yang ditransfer melalui server cloud. Cloud bisa jadi satu buah komputer atau lebih dari satu komputer.
Karakteristik utama dari cloud computing adalah bahwasanya komputasi ini adalah cloud, yaitu kegiatan pemrosesan dan lainnya tidak dilakukan di tempat tertentu yang spesifik, statik dan diketahui. Pengakses dan Programmer kadang tidak tahu secara pasti di mana data disimpan.
Ini berbeda dengan model tradisional di mana pemrosesan ada di satu tempat atau server tertentu. Semua konsep lain yang disebutkan merupakan tambahan atau pelengkap dari konsep tambahan dari cloud computing.

Comments