Pemasaran Langsung

Masih  ingat dengan sebuah petuah yang berbunyi “Masih ada 1000 jalan menuju Roma”. Begitu pula dengan pemasaran langsung yang dapat dilakukan dengan berbagai cara pintar, antara lain:
a.      Pemasaran Melalui Personal Selling
Personal Selling adalah penyajian lisan oleh perusahaan kepada satu atau beberapa calon pelanggan dengan tujuan agar produk barang atau jasa yang ditawarkan dapat terjual. Jadi dalam personal selling terdapat kontak pribadi secara langsung antara penjual, dan calon pelanggan sehingga dapat menciptakan komunikasi dua arah di antara mereka. Disamping itu, penjual dapat memberitahukan serta membujuk seorang calon pelanggan untuk langsung membeli.

b.     Pemasaran Melalui Pengiriman Surat
Pemasaran surat langsung adalah pengiriman penawaran, pemberitahuan, alat pengingat atau sesuatu yang lain kepada seseorang. Dengan menggunakan daftar alamat surat yang sangat selektif, pemasar langsung mengirimkan sejumlah paket pos, surat, selembaran, brosur, dan beberapa media promosi lainnya. Surat langsung merupakan media yang populer karena memungkinkan selektivitas pasar sasaran, dikemas secara personal, lebih mudah dipantau. Meskipun dinilai lebih mahal, namun lebih efektif daripada melalui media masa.

c.      Pemasaran Melalui Katalog
Dalam pemasaran melalui katalog, perusahaan mengirimkan katalog dalam bentuk cetakan dan secara online. Ada beberapa keuntungan menggunakan katalog secara online/berbasis situs web, yakni: (1) biaya lebih murah, (2) menampilkan berbagai produk dengan jumlah yang tak terbatas , (3) memiliki sistem perdagangan cepat, (4) menawarkan penampilan yang interaktif. Namun, menggunakan katalog berbasis web juga tak luput dari tantangan yaitu sulit menjaring pelanggan baru. Keberhasilan menggunakan katalog bergantung pada kemampuan perusahaan menawarkan produk yang berkualitas, dan citra perusahaan yang dapat dipercaya.

d.     Pemasaran Melalui Telepon
Pemasaran melalui telepon atau lazim disebut dengan telemarketing adalah menggunakan telepon, dan pusat layanan telepon untuk menarik calon pelanggan, menjual produk langsung kepada pelanggan sudah ada, dan menyediakan layanan dengan menerima pesanan, dan menjawab pertanyaan pelanggan.

e.      Pemasaran Melalui Iklan Respons Langsung
Pemasaran melalui iklan respons langsung (televisi) adalah metode periklanan produk selama 60 – 120 detik. Pelanggan diberikan dua pilihan yakni menghubungi nomor bebas pulsa yang muncul di layar atau menghubungi situs web terkait. Metode ini memerlukan biaya lebih rendah daripada bentuk promosi lain, dan lebih mudah memantau hasil akhirnya.

f.        Pemasaran Melalui Penempatan Kios-kios
Kios adalah sebuah display semipermanen yang digunakan untuk memajang produk dagangan. Kios merupakan cara untuk bertatap muka dengan calon pelanggan secara langsung agar lebih menghargai mereka, dan juga untuk menunjukkan keberadaan perwakilan perusahaan.

g.      Pemasaran Melalui Perangkat Digital
Pemasaran melalui perangkat digital dapat dilakukan seperti berikut:
  • Pemasaran melalui perangkat telepon seluler, meliputi: membagi nada dering gratis, sisipan iklan dalam konten seluler, lomba dan undian berhadiah.
  • Pemasaran melalui siaran radio/podcast (radio internet), dan vodcast (tayangan video) adalah file audio dan video yang diunduh dari internet yang kemudian dipindahkan ke handset seperti PDA atau iPOD agar dapat dinikmati kapan saja dan dimana saja.
  • Pemasaran melalui perangkat televisi interaktif memanjakan para penggunanya untuk berinteraksi dengan program-program televisi beserta iklan yang disisipkan hanya dengan menyentuh beberapa tombol melalui genggaman remote kontrol di tangan mereka. Beginilah cara perusahaan berburu pelanggan.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment